Refreshing Kader Posbindu bersama HI (Humanity & Inclusion)

Guna memberikan penyegaran kembali kepada kader posbindu di wilayah Kecamatan Mergangsan, UPT Puskesmas Mergangsan Kota Yogyakarta bekerjasama dengan lembaga Humanity & Inclusion mengadakan kegiatan refreshing bagi kader posbindu yang di selenggarakan selama tiga hari, dari tanggal 12 - 14 Agustus 2020 yang bertempat di Aula Tresnowati UPT Puskesmas Mergangsan Kota Yogyakarta, peserta yang hadir hanya perwakilan dari tiap kelurahan mengirimkan 5 orang kader, hal tersebut harus di lakukan karena masih masa pandemi covid-19 sehingga protokol kesehatan benar-benar di laksanakan antara lain, peserta di lakukan cek suhu, harus memakai masker, faceshell serta menggunakan handsanitizer yang sudah di sediakan oleh panitia sebelum masuk aula.

selama tiga hari pelaksanaan para peserta mendapatkan beberapa materi antara lain :

hari pertama materi tentang Persiapan Posbindu Dalam Menghadapi Adaptasi kebiasaan Baru yang di sampaikan oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, dilanjutkan materi kedua tentang Strategi Promosi dimasa Pandemi yang di sampaikan oleh Inayati Siama Ranasih (Petugas Promkes UPT Puskesmas Mergangsan).

hari kedua materi tentang Skrining PTM dan KMS PTM secara Online dan Offline disampaikan oleh Has Frans Septedi, AMK, dilanjutkan dengan materi Skrining Kaki Diabetes Melitus oleh Susi Wulandari, AMK (keduanya Perawat UPT Puskesmas Mergangsan).

hari ketiga materi tentang Diabetes Melitus Saat Pandemi Covid-19 yang diisi oleh dr. Wahyu Budhi Handayani (dokter UPT Puskesmas Mergangsan), dilanjutkan dengan rencana tindak lanjut untuk pelaksanaan posbindu dan strategi teknis pelaksanaan posbindu. Sementara rencana pelaksanaan posbindu di wilayah akan dimulai pada bulan september 2020 dengan tetap menggunakan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah dan memutus penularan covid-19.